kenangan bersama panggung 10


Akan tiba waktunya ketika ada pertemuan pasti akan ada perpisahan. Semua hal memang ada awal dan akhir sebagaimana yang aku lalui saat ini.

Yapp... di semester yang sudah tua ini, sudah pastinya aku melaksanakan PPL. Nah hlooo.... udah ketahuan tuanya yaaa... PPL > KKN > SKRIPSI,,,,,,, owowowoowow
Aku PPL di SD Negeri Panggung 10 Kota Tegal, hari-hariku dilalui dengan ceria dan tetap semangat tentunya. Awalnya, PPL berasa biasa saja dan agak lama menurutku. Waktu 3 bulan memang tak cepat dilalui bukan?

Tapi,, ketika aku sudah menemukan ritme bersama mereka, siswa-siswaku, aku  merasa tambah bersemangat melaksanakan hari-hari PPLku.. aku sudah terbiasa dengan senyum, tawa, tangis, dan tingkah mereka yang unik. Tentunya, aku juga sudah terbiasa begadang untuk membuat RPP dan media.. namun itu semua terbayar dengan hanya melihat mereka. Sungguh, inilah nikmat menjadi seorang guru apalagi guru SD.

Waktu terasa cepat berlalu,,

aku ingin memberikan yang terbaik kepada siswa-siswaku,,
aku ingin memberikan pembelajaran yang optimal sehingga mereka mampu memahami materi yang aku berikan,,
aku ingin mereka tidak bosan ketika aku menjelaskan materi pelajaran,,
aku ingin mereka bersemangat,,
aku ingin tingkah laku mereka tetap manis,,
aku ingin bisa menjadi guru favorit mereka,,
aku ingin dekat dengan mereka,,
aku ingin setiap hari melihat tawa mereka,,
aku ingin mendengarkan celotehan mereka,,
aku ingin mendengar jeritan mereka, walau sesekali,,
aku ingin,,
aku ingin,,

dan aku ingin membuat kenangan manis bersama mereka agar mereka tidak cepat lupa ketika nantinya sudah tidak bertemu..

bisakah?

Aku harap bisa!

Tapi, hari-hari dilalui dengan begitu banyak pengalaman..
Mungkin, hari-hariku bersama mereka akan cepat terhapus dengan kenangan yang baru..
 
Kelas 2
Ahh,, andai saja aku bisa lama bersama mereka,,
Menjadi guru yang dikenang sampai besar, sampai mereka sukses..
Tapi,, ini hanya sementara..

Aku mencoba dekati mereka,, menyelami kehidupan mereka,, ikut bercerita dengan mereka, ikut bercanda bersama mereka, menyapa mereka, melempar senyum kepada mereka.

Awalnya mereka memang agak cuek, peribahasa “Tak kenal maka tak sayang” memang benar adanya. Kalau mereka tidak kenal aku, pasti mereka tidak sayang dengan aku.
Aku sayang mereka, apa mereka sayang aku? aku yang hanya hadir sementara membimbing mereka?
 
bersama mereka :)
Oh Tuhan,, aku sudah nyaman dengan semua ini..
Tetapi waktu pun berjalan sangat sangat cepat.. hingga kini aku tak bisa melihat senyum mereka setiap hari.. hari-hariku sudah berjalan seperti biasa lagi.. tidak ada lagi jeritan dari mereka, tidak ada lagi tangis dari mereka, dan tidak ada lagi cerita dari mereka.

Aku ingin membuat perpisahan yang berkesan, tapi apa daya.. waktunya singkat sekali untuk menyiapkan itu semua. Andai sajaa...
Aku ingin mengambil gambar bersama mereka, mengambil tawa dan senyum mereka dalam memori foto..

aku sudah merasakan pertemuan dan perpisahan di dua SD sebelumnya.. tapi, di SD ini beda, karena aku setiap hari bertemu mereka sehingga aku merasakan keterikatan yang begitu erat.

Di akhir perjalanan, ketika semuanya sepi, sudah dalam keheningan.. aku melihat sekeliling sekolah.. melihat perpustakaan yang selama ini menjadi basecampe kami.. aku terharu.. aku melihat sekitar sekolah, memutari halaman sekolah dengan sepeda motorku, aku tak tahan,, aku meneteskan air mata,, sungguh ini sangat berat!
Aku berharap mereka akan mengenang hari-hari yang mereka lalui bersama aku.
Aku bahagia sekali karena aku belum melihat ada siswa yang mengirimkan surat sebal kepadaku.
aku tahu mereka juga sayang sama kita, sama aku..

terlebih di kelas 2, mereka menangis ketika kami melakukan salam perpisahan..
hasil karya pak Irfan, gambarnyatrue story bgt :'(
mereka adalah anak-anak yang hebat, yang riang walaupun agak sedikit bandel dan bawel :’)
apalagi anak-anak yang agak badung, malah mereka yang lebih merasa kehilangan,, aaah....  T.T
paling tidak aku punya kenangan dengan barang-barang yang mereka berikan, dan tentunya foto bersama mereka yang nantinya akan menjadi obat rindu. Terima kasih :”)

terima kasih sudah mau menjadi siswa yang manis
terima kasih senyum dan tawa kalian ynag tulus
terima kasih untuk semuanya

maafkan ibu silmy yaa,, pasti ketika ibu ngajar di kelas kalian, ibu agak galak yaa? Ibu galak ke kalian itu karena ingin yang terbaik untuk kalian. Ibu ingin melihat siswa-siswa ibu sukses. Ibu juga minta maaf atas tutur kata dan tingkah laku yang menyakiti kalian. Maaf apabila ibu kurang adil. Maaf yaaa..
jangan lupain bu silmy yaaa... sapa ibu ketika kita bertemu,,
see you..

ibu akan sangat merindukan saat-saat bersama kalian,,  :*
reza, gibran, avrido, hanif, daniel, restu
pak irfan, bu silmy, hilman, taqwa, bu yorinta, bu herlina

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Perkembangan Bahasa Anak

KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERPADU