#1 PPSD2


28 APRIL 2014

  • Siapkan instrumen berupa soal-soal yak!! Bisa juga angket
  • Instrumen harus baik dan memenuhi syarat
  • Perlu ada proses uji coba stelah menelaah
  • Sasaran try out???? Responden uji coba soal bisa :
    1. Bisa berada pada satu tingkat diatasanya
    2. Bisa pada tingkat yang sama
Misalnya kelas 5 dan kelas 6,, Alasan: materi yg ditanyakan pada try out sudah pernah diperoleh. Kelemahan: bisa saja materi sudah lupa.
Jika diberikan pada kelas yang sama, jangan diberikan soal pada kelas eksperimen ataupun kontrol. Secara alamiah akan sulit mencari informasi sekolah mana yg sudah memperoleh materi itu. PROMES dan PROTA???? Caranya:  2 minggu sebelum pelaksanaan, mulang materi itu dulu sebelum dilaksanakan tryout.

KEMAMPUAN AWAL SISWA
  • Harus mencari data nilai kedua kelompok (data sekunder), karena akan dilakukan analisis (bisa dalam bentuk dokumen yang datanya terdekat)
  • Melaksanakan pretes sebelum melakukan eksperimen >> data primer
  • Jika hasil akhir menunjukkan kemampuan relatif sama, penelitian bisa dilanjutkan, tetapi jika tidak sama tidak bisa dilanjutkan.
  • Senbaiknya untuk kemampuan awal menggunakan nilai yg ada, UAS/UTS.
  • Yang dibandingkan itu post-tes

Analisis empiris (one  sample T-tes) , Analisis statistik
IDEALnya satu hari sebelum pelaksanaan eksperimen dilakukan pretes pada dua kelompok

Uji Prasyarat Analisis
  1. Uji normalitas data
Untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal apa tidak. Ada 2 kemungkinan,  1) data berdistribusi normal dan, 2) berdistribusi tidak normal. Bila berdistribusi normal maka gunanakan statistik parametris yang dalam hal ini uji t sample tidak berkorelasi / independent samples >>  Untuk sample2 yg bebas, tidak berkorelasi, tdk berhubungan. Kedua kelompok harus normal.
Kalo dependent samples tites >> tetap dilakukan treatmen, tapi yang dibandingkan itu antara pretest dan posttestnya, hanya 1 kelas.
Jika data berdistribusi tidak normal maka menggunakan statistik nonparametris.  Uman whitney-test, maka tidak usah dilakukan uji homogenitas.
Lilliefors pada kolom kolmogorof-so.........????
  1. Uji homogenitas data
Untuk mengetahui apakah varians data kedua kelompok data homogen.
Yang terpenting Rumus t yang mana yang akan digunakan? Ada lebih dari satu rumus t. Setelah dilaksanakan uji prasyarat, selanjutnya dilakukan uji analitis akhir (uji hipotesis)

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Perkembangan Bahasa Anak

KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERPADU